Kapan biasanya Anda bercinta dengan pasangan? Di malam hari atau di pagi hari? Meski waktu bercinta adalah pilihan pribadi, sebagian besar pasangan memang cenderung berhubungan seks di malam hari. Jadi, sejak lama seks identik dengan aktivitas di malam hari. Padahal, seks harus dilakukan kapan saja. Lalu, kenapa banyak orang memilih berhubungan seks di malam hari? Adakah alasan medis atau ilmiah di balik praktik ini? Baca terus untuk mengetahui jawabannya!

Seks sebelum tidur menjadi favorit banyak orang

Menurut data yang dicatat oleh para peneliti di Journal of Circadian Rythms, sebagian besar pasangan dewasa (usia 18-51) cenderung berhubungan seks di malam hari, dengan puncak pukul 11 ​​malam. sampai jam 1 pagi.

Seks kemudian akan dilanjutkan dengan tidur. Jadi, seks biasanya menjadi "penutup" bagi aktivitas pasangan sehari-hari.

Namun, beberapa pasangan lebih suka membuka hari dengan bercinta.

Studi tersebut menemukan bahwa selain pada malam hari, waktu paling populer kedua untuk berhubungan seks adalah pagi hari setelah bangun tidur, sebelum memulai aktivitas lain.

Apakah seks di malam hari lebih baik?

Tidak ada kewajiban berhubungan seks di malam hari. Secara biologis, manusia bisa bercinta kapan saja.

Alasan banyak orang memilih untuk berhubungan seks di malam hari sebenarnya lebih karena jadwal dan kesibukan sehari-hari.

Malam hari adalah satu-satunya waktu bagi pasangan untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama. Anda dan pasangan telah menyelesaikan aktivitasnya dan anak-anak sudah tertidur.

Dengan begitu, Anda bisa berhubungan seks dengan lebih leluasa dan nyaman. Namun, ada alasan kuat mengapa banyak orang memilih bercinta sebelum tidur.

Bagi wanita yang mencoba hamil, berbaring telentang setelah berhubungan seks dapat meningkatkan kemungkinan hamil sebesar 27%. S

Sedangkan berdiri tegak akan mempersulit sperma untuk bertemu dengan sel telur karena harus menahan gaya gravitasi.

Karena itu, seks sebelum tidur menjadi pilihan praktis karena setelahnya Anda bisa berbaring dan rileks. Tidak perlu langsung bangun untuk masak sarapan dan bersiap-siap ke kantor.

Manfaat berhubungan seks di malam hari

Anda bebas berhubungan seks kapan saja. Namun, para ahli telah menemukan banyak manfaat bercinta sebelum tidur. Simak tiga keuntungan berikut ini.

1. Tingkatkan keintiman hubungan

Seks malam hari memberi Anda dan pasangan kesempatan lebih besar untuk bercumbu setelah berhubungan seks.

Kalian berdua bisa saling berpelukan dan mengobrol lebih akrab. Ini karena setelah berhubungan seks, tubuh akan memproduksi hormon oksitosin.

Hormon ini bertanggung jawab untuk membuat Anda merasa nyaman dan penuh kasih sayang. Sedangkan jika berhubungan seks di pagi hari, Anda mungkin harus segera bangun, tidak sempat bercumbu dulu.

2. Kurangi stres

Bukan rahasia lagi, seks bisa membantu mengurangi stres akibat pekerjaan atau tekanan lainnya. Setelah seharian penuh masalah, seks bisa menjadi cara yang mudah dan menyenangkan untuk menghilangkan stres.

Ingat, jika tidak ditangani dengan baik, stres dapat memicu berbagai masalah kesehatan dan psikologis. Jadi, penting bagi Anda dan pasangan untuk mengatasi stres sebelum tidur.

3. Tidur lebih nyenyak

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa seks dapat meningkatkan kualitas tidur untuk membantu mengatasi insomnia.

Saat berhubungan seks, tubuh melepaskan endorfin yang akan membuat Anda lebih rileks dan nyaman. Anda juga akan lebih mudah tertidur dan bangun dengan segar di pagi hari.

Postingan 3 Manfaat Berhubungan Seks Sebelum Tidur di Malam Hari muncul pertama kali di Hello Sehat.

Baca:  Agar Seks Tidak Membosankan, Jajal 5 Tips Foreplay Ini Bersama Pasangan