Sebagian diabetesi, mungkin sudah harus bergantung dengan suntik insulin supaya gula darahnya tetap terkendali. Penggunaan suntik insulin yang harus tepat waktu dan disiplin membuat banyak orang masih saja melakukan kesalahan saat memakainya. Padahal, jika salah pemakaian, justru akan membuat kerja insulin buatan ini tidak maksimal. Jadi, apa saja kesalahan umum yang kerap kali terjadi saat suntik insulin?

1. Menyuntikan insulin di sembarang tempat

 

salah suntik insulin

Insulin harus disuntikan ke tempat yang kandungan lemaknya tinggi, seperti, perut, paha, pantat, dan lengan atas.

Tempat suntik insulin harus langsung disuntikan ke lemak yang ada di bawah kulit, bukan ke jaringan otot. Ketika insulin disuntikan ke bagian salah, maka risiko gula darah semakin rendah akan lebih cepat terjadi.

2. Mengubah-ubah waktu makan

nafsu makan

Kesalahan suntik insulin yang sepele juga ketika waktu makan tidak terjadwal. Ketika tidak merasa lapar, seringnya orang malas untuk makan dan menggeser-geser waktu makannya. Bagi pengguna suntik insulin, ini merupakan kesalahan yang cukup berbahaya.

Pengguna insulin injeksi sebaiknya tetap mengikuti jadwal makan reguler yang rutin. Sebab, ketika waktu makan berubah maka keseimbangan gula darah di dalam pun berubah.

3. Tidak mengecek kembali dosis yang akan disuntikan

terapi insulin suntik insulin

Pada alat injeksi insulin, pada bagian atas alat ini dapat dilihat doses yang dikeluarkan. Sebelum Anda menyuntikan pada tubuh, sebaiknya perhatikan kembali dosisnya. Sebab, jika dosis melebihi, risiko hipoglikemia dan beberapa gejalanya bisa terjadi pada Anda.

Bahkan saat Anda sedang di rumah sakit, saat Anda tidak menyuntik sendiri, ingatkan atau cek kembali dosis tersebut sebelum mulai dimasukkan dalam tubuh.

4. Menggandakan dosis insulin

pakai insulin

Terkadang, jadwal suntik insulin memang bisa terlewatkan, entah karena lupa atau memang sedang sibuk sekali. Karena sudah terlewat, beberapa orang justru jadi panik.

Baca:  Cara Tepat Menyuntik Insulin dan Lokasi Terbaiknya

Akan tetapi, jangan coba-coba untuk langsung menambahkan dosis insulin. Jika memang baru sempat atau ingat kalau belum suntik, segera suntikan. Sebab ketika Anda menggunakan dosis insulin lebih dari yang seharusnya, Anda malah bisa jadi hipoglikemia.

Kalaupun Anda lupa sudah suntik atau belum, lebih baik tahan, jangan langsung suntik dengan dosis tinggi atau langsung dua kali. Pantau terlebih dahulu kadar gula darah Anda hingga 30 menit ke depan.

Jika kadar gula darah memang terlalu tinggi, bisa jadi Anda memang belum menyuntiknya. Namun jika kadarnya normal itu artinya Anda tidak perlu menyuntiknya kembali.

The post 4 Cara Suntik Insulin yang Salah dan Sering Kali Terjadi appeared first on Hello Sehat.