Bagi para pria, pasti mereka pernah (atau mungkin sering) merasakan gatal-gatal pada buah zakar. Ini menandakan bahwa ada yang salah pada kulit kelamin Anda. Bisa jadi bakteri, jamur atau bahkan penyakit menular seksual. Penasaran kenapa ini terjadi? Simak beberapa penyebabnya di bawah ini.

Alasan mengapa testis terasa gatal

1. Infeksi jamur

Jamur tumbuh subur di suhu yang hangat dan lembab. Di mana lagi selain di lipatan kulit, di bawah celana dalam, dan di kulit kotor? Saat testis terasa gatal, itu bisa menjadi salah satu alasan testis Anda mengembangkan jamur. Jamur yang biasanya hinggap di testis ada berbagai jenis Trichophyton rubrum, biasanya mempengaruhi selangkangan, testis, paha bagian dalam, dan anus.

Ciri-ciri anggota tubuh yang terkena jamur adalah iritasi, ruam kemerahan, lecet (akibat garukan berlebihan), dan gatal-gatal. Inilah mengapa kulit lipatan di belakang skrotum menjadi habitat ideal bagi tumbuhnya jamur. Infeksi jamur yang berkembang akan menyebabkan iritasi dan gatal-gatal.

2. Infeksi jamur

Jika testis terasa gatal, terkadang juga disebabkan oleh infeksi jamur candida albicans. Biasanya jamur ini mengendap di vagina wanita. Namun, tidak jarang testis pria diserang. Mengapa pria diserang? Nah, ini disebabkan oleh kontak seksual yang memindahkan jamur dari vagina ke alat kelamin pria.

3. Radang kulit kelamin

Testis gatal dan area selangkangan yang disertai ruam merah di sekitarnya bisa menjadi tanda bahwa Anda mengalami peradangan kulit di testis alat kelamin. Radang kulit ini juga bisa disebabkan oleh alergi. Alergi yang mungkin terjadi antara lain alergi dari bahan kimia yang menempel di kulit dan disebabkan oleh bahan kimia, wewangian, pewarna pakaian, tumbuhan, bahkan barang lain yang dapat memicu peradangan pada kulit.

4. Dapatkan kutu rambut kemaluan

Nyatanya, kutu tidak hanya tumbuh di rambut kepala, tapi juga bisa hinggap di rambut kemaluan. Kutu ini mencapai rambut kemaluan dan makan dengan menghisap darah di sekitarnya.

Jika testis terasa gatal, Anda mungkin memiliki kutu di rambut kemaluan. Biasanya kutu rambut kemaluan akan ditularkan melalui selimut, handuk dan pakaian.

Jangan gores! Ini adalah cara mengatasi testis yang gatal

Menggaruk testis hanya akan menyebabkan infeksi menyebar dan bahkan akan menyebabkan infeksi baru. Lebih baik Anda berkonsultasi dengan dokter kulit yang terpercaya, sehingga Anda akan mendapatkannya. Beberapa hal di bawah ini bisa Anda lakukan untuk mencegah gatal-gatal pada testis:

  • Bersihkan area genital dan selangkangan, setiap hari. Gunakan sabun antiseptik untuk mencegah kutu dan jamur.
  • Jangan sampai area kemaluan Anda menjadi lembab, selalu keringkan setelah bersentuhan dengan alat kelamin dengan kain atau tisu bersih.
  • Gunakan pakaian dalam bersih, ganti setidaknya 2 hingga 3 kali sehari.
  • Gunakan pakaian katun untuk menyerap keringat dan menghindari iritasi pada area tersebut.
  • Hindari kontak seksual dengan lawan jenis jika Anda masih mengalami gatal-gatal (mencegah peningkatan rasa gatal karena bakteri baru masuk).
  • Gunakan produk pembersih pakaian dengan bahan kimia yang aman, agar iritasi tidak bertambah parah.
  • Jika masih gatal, lebih baik ke dokter atau beli obat gatal kelamin khusus di apotek terdekat.

Postingan 4 Penyebab Testis Gatal dan Ingin Terus Menggaruk muncul pertama kali di Hello Sehat.

Baca:  Tip Praktik untuk Mempersiapkan Lari Maraton 5K