Menggunakan hijab bukanlah halangan untuk bebas berolahraga. Baik itu lari, bersepeda, atau mengikuti senam. Semua olahraga tersebut bisa dilakukan dengan nyaman jika pakaian yang Anda kenakan sesuai dan tidak menyulitkan Anda untuk beraktivitas. Yuk, pertimbangkan untuk memilih baju olahraga untuk wanita yang menggunakan hijab berikut ini.

Tips memilih baju olahraga wanita berhijab

Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, mengenakan pakaian yang tepat membantu Anda berolahraga dengan aman dan nyaman.

Ini menjadi persiapan penting bagi setiap orang yang ingin melakukan aktivitas fisik ini, termasuk para wanita yang berhijab.

Sebenarnya pilihan pakaian olahraga untuk wanita berhijab tidak jauh berbeda dengan biasanya. Agar tidak bingung, Anda bisa mengikuti beberapa tips, di antaranya:

1. Pilih gaya pakaian yang nyaman

Mengenakan jilbab mengharuskan Anda mengenakan pakaian olahraga tertutup. Sederhananya, Anda bisa memilih pakaian olahraga dengan lengan panjang.

Namun, Anda tetap bisa mengenakan pakaian olahraga berlengan pendek. Hanya saja, diperlukan borgol tambahan untuk menutupi lengan tangan.

Pastikan manset yang Anda gunakan tidak terlalu ketat atau terlalu longgar. Memakai borgol yang ketat seringkali meninggalkan bekas pada kulit.

Kondisi ini juga sering menyebabkan rasa gatal. Di sisi lain, manset yang longgar akan mudah kendor dan dapat mengganggu latihan Anda.

2. Ukurannya tidak terlalu ketat

Selain model, wanita yang menggunakan hijab juga harus menyesuaikan dengan ukuran baju olahraga yang akan dikenakan. Ukuran terbaik untuk pakaian olahraga adalah tidak terlalu ketat.

Pasalnya, pakaian yang terlalu ketat bisa menghambat pergerakan tubuh Anda. Bahkan dapat menimbulkan masalah pada kulit, seperti kulit melepuh akibat gesekan pakaian dengan kulit.

Selain itu, pakaian sempit juga bisa membatasi sirkulasi darah sehingga menyebabkan kram pada kaki. Munculnya kram saat berolahraga tentunya bisa mengganggu olahraga Anda.

Baca:  5 Gerakan Yoga untuk Meningkatkan Vitalitas Pria Saat Berhubungan Seks

3. Warna cerah lebih baik

Warna harus menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih pakaian olahraga, baik menggunakan hijab maupun tidak. Tak hanya enak dipandang, ternyata warna baju juga bisa menunjang kelancaran jalannya olahraga.

Pilih pakaian olahraga yang gelap dan tebal yang cenderung membuat Anda mudah panas dan berkeringat.

Di sisi lain, pakaian olahraga yang berwarna cerah dapat memantulkan sinar matahari sehingga tidak terlalu panas untuk dikenakan.

4. Bahan pakaiannya mendukung

Selain warna, bahan busana olahraga juga menjadi faktor penting yang harus diperhatikan wanita berhijab. Saat berolahraga, tubuh akan mudah berkeringat, terutama bagi wanita berhijab.

Bahan pakaian terbaik yang sebaiknya Anda pilih, yaitu kain yang mengandung polypropylene. Kain ini memungkinkan keringat lebih cepat menguap sehingga tidak membuat Anda basah.

Hindari pakaian olahraga yang terbuat dari bahan katun. Bahan ini menyerap keringat sehingga lebih mudah basah.

Jika digunakan dalam jangka panjang, penumpukan keringat memungkinkan bakteri dan jamur berkembang biak. Akibatnya, risiko Anda terkena infeksi jamur pada kulit pun akan meningkat.

5. Gunakan penutup kepala khusus jika perlu

Menggunakan hijab model tertentu mungkin akan membuat Anda sulit berolahraga dengan nyaman. Jangan khawatir, bisa menggunakan penutup kepala khusus.

Aksesoris ini berbentuk scarf polyester yang ringan dan fleksibel. Penutup kepala ini aman digunakan karena didesain khusus dengan lubang kecil yang memudahkan sirkulasi udara.

Agar tidak menimbulkan masalah, Anda perlu menjaga kebersihan kepala dan rambut Anda.

Postingan 5 Tips Memilih Baju Olahraga Yang Nyaman untuk Wanita Berhijab muncul pertama kali di Hello Sehat.