Orang dengan gangguan pernafasan seperti asma, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), emfisema, dan penyebab sesak nafas lainnya mungkin memerlukan berbagai alat untuk bisa bernapas dan bergerak dengan lancar. Tahukah Anda alat bantu pernapasan apa saja yang dibutuhkan dan cara kerjanya? Berikut ini berbagai macam alat bantu pernapasan bagi Anda yang mengalami gangguan pernapasan.

Berbagai macam alat bantu pernapasan

Setiap alat bantu pernapasan memiliki fungsi dan cara kerja yang berbeda. Namun pada dasarnya setiap alat berfungsi untuk membantu penderita mengatasi sesak nafas sehingga dapat bernafas lebih lancar. Dengan begitu mereka bisa menjalankan aktivitas sehari-hari.

Ada berbagai macam alat bantu pernapasan. Beberapa yang tercantum di bawah ini bahkan dapat digunakan di rumah.

1. Silinder dan regulator oksigen

Bernapas Techonology

Tabung oksigen memiliki kemampuan untuk mengubah air menjadi oksigen. Oksigen tersebut kemudian akan dialirkan melalui selang ke saluran pernapasan pasien, baik melalui hidung maupun mulut pasien.

Tabung oksigen juga biasanya memiliki pengatur oksigen. Regulator oksigen merupakan alat yang berfungsi untuk mengontrol tekanan oksigen yang diberikan kepada pasien. Pasalnya, oksigen yang keluar dari tabung memiliki tekanan yang tinggi, sehingga perlu diatur agar aman bagi pasien.

2. Tabung oksigen portabel

On The Go with Oxygen

Berbeda dengan tabung oksigen besar, oksigen portabel dikemas dalam tabung kecil. Oksigen tersedia dalam bentuk gas. Oksigen portabel tersedia tanpa resep, jadi Anda bisa membelinya di apotek atau toko obat terdekat. Tabung oksigen ini mudah dibawa kemana-mana dan tentunya bisa digunakan di rumah.

Selain penderita gangguan pernafasan tertentu, oksigen portabel dulunya merupakan salah satu komponen penting dalam kotak P3K Kecelakaan (P3K).

3. Konsentrator oksigen

Solusi Oksigen Portabel

Konsentrator oksigen merupakan alat yang berfungsi menghasilkan oksigen murni dari udara bebas. Alat bantu pernapasan ini biasa digunakan untuk penderita sesak napas akibat penyakit tertentu. Alat ini digunakan untuk meningkatkan kadar oksigen dalam darah.

Alat ini bekerja dengan cara mengambil udara bebas dari lingkungan sekitar. Nantinya, alat ini akan memisahkan nitrogen atau zat lain dari udara menggunakan filter atau filter yang ada. Oksigen murni kemudian bisa disalurkan melalui selang ke saluran pernapasan pasien.

Alat ini terbagi dua, yang bisa dibawa kemana-mana (portabel) atau yang dirancang untuk tidak dapat dipindahkan (statis). Alat ini telah dijual bebas di luar. Anda dapat memilih jenis sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Oksimeter

Turner Medis

Oksimeter sebenarnya bukan alat yang dapat membantu pernapasan. Namun, oksimeter sering digunakan bersama dengan alat pernapasan lain untuk mengukur tingkat oksigen dalam darah Anda.

Dengan bantuan oksimeter, Anda bisa mengetahui apakah kadar oksigen dari alat bantu napas sudah sesuai dengan kebutuhan Anda atau tidak.

Oksimeter tersedia dalam berbagai bentuk. Bahkan, ada pula yang berbentuk seperti jam tangan. Alat ini terhubung dengan sebuah sensor yang berfungsi untuk mengukur level oksigen di jari Anda.

Tingkat oksigen atau tingkat kejenuhan oksigen dalam darah akan langsung muncul di layar perangkat ini, sama seperti ketika Anda melihat angka-angka di jam tangan.

Baca:  7 Pedoman Memilih Makanan untuk Penderita Gastroparesis

5. Nebulizer

Sangat baik

Nebulizer adalah alat yang berfungsi untuk mengubah obat asma dalam bentuk cair menjadi gas. Gas ini akan dialirkan melalui sebuah tabung menuju saluran pernafasan. Dengan kata lain, alat ini memiliki kemampuan untuk menembakkan obat asma langsung ke organ sasaran, yaitu paru-paru. Tentu hal ini menyebabkan efeknya terasa lebih cepat.

Menurut Klinik Cleveland, uap yang dihasilkan dari cairan obat dapat membantu mengatasi masalah pernapasan, mengurangi gejala mengi, dan mengurangi produksi lendir di paru-paru. Nebulizer dapat digunakan dengan berbagai macam obat, dari bronkodilator hingga cairan garam.

6. CPAP

Perawatan Tidur CPAP

CPAP adalah singkatan dari Tekanan Saluran Udara Positif Berkelanjutan. Alat ini digunakan untuk pasien apnea tidur. Orang dengan apnea tidur mengalami kesulitan bernapas saat tidur akibat terhalangnya saluran pernapasan atau ketidakstabilan pusat kendali pernapasan.

Saat penyumbatan terjadi, penderita sleep apnea akan bangun secara tiba-tiba dan mengalami sesak napas. CPAP bekerja dengan cara mengontrol tekanan udara yang stabil sehingga dapat menjaga saluran pernafasan tetap terbuka. Tekanan udara disalurkan melalui topeng yang dikenakan orang tersebut apnea tidur saat dia tidur.

Selain pemecahan masalah apnea tidur, CPAP juga biasa digunakan sebagai alat bantu pernapasan bayi yang lahir prematur. Bayi prematur biasanya berisiko mengalami gangguan pernapasan karena paru-parunya belum berkembang sepenuhnya. Oleh karena itu, CPAP diperlukan untuk membantu proses pernapasan.

Namun CPAP untuk bayi hanya digunakan di rumah sakit, dengan selang plastik yang dimasukkan melalui mulut atau hidung bayi.

7. Pembersih udara

Rumah Manis

Pembersih udara atau pembersih udara digunakan untuk meningkatkan kualitas udara. Alat ini bisa diletakkan di rumah atau di kantor Anda.

Meski bukan alat bantu pernapasan medis, alat ini cukup membantu membersihkan udara sehingga penderita masalah pernapasan seperti asma, emfisema, atau alergi lebih jarang kambuh.

Alat ini juga baik untuk orang yang tinggal di daerah dengan kualitas udara yang buruk, polusi udara yang tinggi, atau penuh dengan debu, kutu, dan tungau.

Pembersih udara atau Pemurni air biasanya memiliki filter yang berfungsi untuk menyaring partikel debu atau mikroorganisme, seperti kutu. Alhasil, udara yang dihasilkan pun segar. Selain sistem filter, alat ini juga terkadang memiliki ion cleaner yang akan berfungsi dalam proses ionisasi udara sehingga menghasilkan udara bersih dari partikel polutan.

8. Aspirator atau mesin hisap

Bubzico

Aspirator atau biasa disebut mesin hisap merupakan alat yang berfungsi untuk menghisap lendir atau cairan lain dari saluran pernafasan pasien agar dapat bernafas dengan baik. Pasien memakai masker yang tekanan udaranya diatur sedemikian rupa sehingga pasien akan terstimulasi untuk mengeluarkan lendir dari paru-paru.

Sesak napas tentunya membuat Anda merasa sangat tidak nyaman. Namun, tidak semuanya membutuhkan bantuan nafas. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk solusi dan saran terbaik tentang alat bantu pernapasan yang paling sesuai untuk Anda.

Pos 8 Alat Bantu Pernapasan yang Membantu Anda Bernapas Lebih Relatif muncul pertama kali di Hello Sehat.