Berenang merupakan jenis olahraga yang sehat karena memperkuat otot di seluruh tubuh. Jenis olahraga air ini biasanya dilakukan pada pagi, siang, dan sesekali pada malam hari. Namun, apakah berenang di malam hari memang diperbolehkan?

Simak ulasannya di bawah ini untuk mengetahui jawabannya.

Bisakah kamu berenang di malam hari?

bagaimana mencegah kram saat berenang

Memilih waktu berenang juga sama pentingnya dengan pemanasan sebelum membenamkan diri ke dalam air. Pasalnya, saat Anda berenang di atas jam 10 pagi dan tidak berada di dalam ruangan, sinar matahari bisa memengaruhi kesehatan kulit Anda.

Jika Anda melakukannya di dalam ruangan, sinar UV tentunya tidak akan berdampak pada kesehatan. Nyatanya, tak sedikit orang berenang pada malam hari untuk menghindari kepanasan saat melakukannya di pagi hari.

Sebagaimana dilaporkan Penerbitan Kesehatan Harvard, para ahli tidak menganjurkan olahraga pada malam hari agar kebersihan saat tidur tidak terganggu.

Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa Anda bisa berolahraga di malam hari. Hal ini dapat dilakukan dengan syarat Anda menghindari aktivitas fisik yang berlebihan setidaknya selama satu jam sebelum waktu tidur.

Olahraga terlalu keras di malam hari dapat meningkatkan suhu tubuh dan membuat Anda sulit tidur. Oleh karena itu, berenang pada malam hari tetap diperbolehkan jika tidak akan tidur dalam waktu satu jam ke depan.

Keuntungan berenang di malam hari

Sekarang kamu sudah tahu boleh tidaknya berenang di malam hari, sekarang saatnya mengenali apa saja sih manfaat olahraga air setelah matahari terbenam.

1. Tidak terkena sinar UV

Efek sinar UV

Salah satu alasan mengapa sebagian orang memilih berenang pada malam hari adalah tidak terkena sinar matahari. Paparan sinar matahari yang berlebihan tentunya berdampak besar bagi kesehatan kulit, mata dan daya tahan tubuh.

Berdasarkan WHO, empat dari lima kasus kanker kulit disebabkan karena kerusakan UV yang dapat dihindari. Oleh karena itu, memilih waktu malam untuk melakukan olahraga air dapat mengurangi paparan sinar matahari yang mungkin cukup saat Anda pergi keluar.

2. Dapat meningkatkan kualitas tidur

tidur nyenyak selama asma

Selain mengurangi risiko paparan sinar UV yang berlebihan, berenang di malam hari ternyata bisa meningkatkan kualitas tidur.

Memang, berolahraga di malam hari bisa membuat Anda semakin merasa lelah. Namun, rasa lelah bisa Anda manfaatkan untuk tertidur hingga pagi hari.

Meski belum ada penelitian yang benar-benar membuktikannya, olahraga air yang menyehatkan otot tersebut dapat membantu Anda melawan insomnia.

3. Bakar kalori untuk hari itu

berenang bisa bikin hamil

Berenang di malam hari juga baik untuk orang yang ingin membakar kalori sepanjang hari.

Tubuh akan membakar lebih banyak kalori saat Anda melakukan olahraga dengan tempo lebih cepat dalam jarak jauh. Salah satu cabang olahraga yang memiliki dua syarat tersebut adalah renang.

Dengan berenang lebih cepat dan lebih jauh, seperti menggunakan gaya bebas, berpotensi membakar lebih banyak kalori.

Meski tidak membakar semua kalori, setidaknya olahraga ini cocok untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan selain mengonsumsi makanan sehat.

Berenang di malam hari memang tidak dilarang, namun ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum rutin melakukannya. Jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda untuk penjelasan lebih lanjut.

Postingan Apa Dampak Berenang Di Malam Hari Bagi Tubuh? muncul pertama kali di Hello Sehat.

Baca:  7 Gerakan Peregangan di Kasur setelah Bangun Tidur