Bihun dan bihun sering ditambahkan ke dalam makanan sup, seperti bakso atau sup. Keduanya berwarna putih dan memiliki bentuk tipis panjang menyerupai mie. Meski begitu, masih banyak orang yang belum mengetahui perbedaan bihun dan bihun. Aku ingin tahu … Mana yang lebih sehat, ya? Simak ulasannya berikut ini.

Perbedaan bihun dan bihun terletak pada bahan dasarnya

Bihun dan bihun yang sering disebut mi putih adalah dua jenis makanan dengan bahan dasar berbeda. Bihun terbuat dari tepung beras, sementara itu bihun yang terbuat dari pati kacang hijau. Anda juga bisa menemukan mie gelas yang terbuat dari ubi, ubi, atau pati singkong.

Dalam bentuk kering, bihun berwarna putih kusam dan bertekstur rapuh sehingga mudah pecah. Sedangkan glass noodles yang sudah dikeringkan berwarna putih transparan dengan tekstur yang kuat dan keras saat masih kering.

Keduanya hanya direndam dalam air panas, namun bihun perlu direndam selama 5-15 menit sedangkan waktu perendaman bihun lebih singkat, yaitu 5-7 menit. Keduanya juga bisa direbus, memakan waktu hanya sekitar 1 menit.

Setelah matang, bihunnya licin dan mudah pecah, sedangkan tekstur bihun yang matang tidak licin dan tidak mudah pecah seperti bihun.

Kandungan nutrisi bihun dan bihun

bihun dan bihun

Soun dan soun keduanya merupakan sumber karbohidrat rendah lemak. Anda bisa mendapatkan 192 kalori, 44 gram karbohidrat, 1,8 gram serat, dan 33 mg sodium (garam) dalam satu porsi bihun 180 gram. Dengan takaran saji yang sama, sohun mampu menyediakan 121 gram karbohidrat, 291 kalori, dan 14 mg sodium.

Bagaimana dengan vitamin dan mineralnya? Keduanya diperkaya dengan vitamin B kompleks (termasuk niasin, riboflavin, dan folat) dan mineral seperti fosfor, kalsium, dan magnesium. Meski begitu, jumlahnya sangat sedikit.

Baca:  Kenapa Selalu Ngantuk Sehabis Seks?

Nah, mana yang lebih sehat: bihun atau bihun?

Kandungan nutrisi bihun dan bihun sebenarnya tidak jauh berbeda. Hanya saja, jumlah kandungan mineral bihunnya sedikit lebih unggul dibandingkan bihun.

Bihun atau bihun merupakan makanan dengan indeks glikemik rendah, sehingga tidak membuat gula darah Anda cepat melonjak setelah makan. Itu sebabnya dua mi putih ini bisa Anda manfaatkan sebagai sumber karbohidrat untuk menggantikan nasi yang notabene memiliki nilai GI tinggi (73). Meski begitu, nilai IG dari bihun masih jauh lebih rendah dibanding bihun. Nilai glikemik dari bihun adalah 53, sedangkan nilai GI dari bihun adalah 39.

Yang perlu lebih diperhatikan sebenarnya cara memasaknya. Nilai glikemik bihun dan bihun bisa meningkat dengan teknik memasak yang salah. Misalnya, bihun atau bihun rebus, kemudian dibuat menjadi sup, merupakan makanan rendah glikemik rendah. Sedangkan jika keduanya diolah dengan cara digoreng dengan minyak dan ditambah daging, tentunya kalori makanan juga akan meningkat dan pada akhirnya mempengaruhi nilai glikemik makanan tersebut.

Kiriman Apa perbedaan antara bihun dan bihun? Mana yang Lebih Sehat? muncul pertama kali di Hello Sehat.