Seberapa kesal Anda jika Anda menemukan orang di sebelah Anda memiliki bau badan yang tidak sedap? Betapa malunya Anda jika orang-orang menolak mendekati Anda karena Anda berbau tidak sedap? Bau badan yang mengganggu terjadi ketika bakteri di kulit mengubah keringat menjadi asam. Akibatnya, muncul bau tak sedap. Ini juga dikenal sebagai bromhidrosis, osmidrosis, dan ozochrotia.

Keringat sendiri tidak berbau, tetapi bakteri yang berkembang biak dalam keringat yang dapat menyebabkan bau tidak sedap ini. Bau badan yang tidak sedap ini kebanyakan terjadi pada masa pubertas. Ini akan terus meningkat saat Anda mengenakan pakaian ketat dalam waktu lama.

Anda sebenarnya bisa mengurangi bau badan tak sedap dengan mengenakan pakaian longgar yang menyerap keringat seperti katun. Anda juga dapat menggunakan deodoran atau antiperspirant, yang dapat membantu membatasi produksi keringat dan pertumbuhan bakteri. Namun, terkadang cara tersebut masih belum efektif untuk mengurangi bau badan yang tidak sedap. Nah, jangan khawatir dulu. Menggunakan bahan alami di rumah dapat membantu mengurangi bau badan.

Apa sajakah bahan alami untuk mengurangi bau badan?

1. Cuka

Cuka dapat digunakan untuk mengontrol bau badan yang tidak sedap. Ini karena cuka mampu mengubah tingkat pH kulit menjadi lebih asam. Tingkat pH yang sedikit asam pada kulit Anda dapat membunuh atau menghambat pertumbuhan bakteri jahat yang dapat menyebabkan bau tak sedap ini.

Cuka dapat digunakan dengan berbagai cara untuk mengurangi bau badan. Anda bisa menggunakan cuka sari apel yang dicampur air, lalu mengoleskannya pada ketiak. Cara ini bisa membantu mengurangi bau tak sedap di ketiak Anda di siang hari.

Beberapa orang juga mencoba merendam kaki mereka dalam air hangat yang dicampur dengan beberapa tetes cuka. Ini dapat membantu membunuh bakteri atau jamur di kaki Anda, yang biasanya menjadi penyebab bau tak sedap.

Baca:  5 Olahraga untuk Meningkatkan Kepadatan Tulang di Usia 40 Tahunan

2. Daun sage

Ada tiga manfaat yang Anda dapatkan dengan menggunakan daun sage. Pertama, daun sage mampu mengurangi aktivitas kelenjar keringat sehingga mengurangi produksi keringat berlebih.

Manfaat kedua, daun sage merupakan tanaman anti bakteri yang akan mencegah bakteri berkembang biak pada kulit penyebab bau badan.

Sedangkan manfaat ketiga, daun sage memiliki aroma alami yang berfungsi sebagai deodoran. Daun sage menawarkan khasiat aromatik yang dapat membuat Anda tetap wangi sepanjang hari.

Nah, Anda bisa menggunakan daun sage ini dalam bentuk minyak dan mengoleskannya langsung di bawah ketiak atau di bagian tubuh Anda yang berbau tidak sedap. Cara lain adalah menyeduh daun sage segar dengan teh untuk diminum atau menuangkan minyak sage ke dalam air mandi Anda.

Pos Deodoran Tidak Berfungsi Mengurangi Bau Badan? Atasi dengan ramuan alami berikut muncul pertama kali di Hello Sehat.