Pilates adalah salah satu bentuk olahraga yang bertujuan untuk membangun kekuatan inti Anda. Pada dasarnya pilates mirip dengan yoga, namun pada beberapa gerakan alat, alat yang digunakan, dan fokus gerakannya sedikit berbeda. Pilates juga merupakan olahraga yang umumnya dilakukan di sanggar khusus dan dipandu oleh seorang instruktur.

Nah, bagi Anda pemula yang ingin mencoba, sebaiknya lakukan dulu persiapan dan perbekalan yang matang untuk pilates. Berikut beberapa persiapan yang harus Anda lakukan sebelum melakukan Pilates.

Perlengkapan pilates untuk dibawa

1. Matras Pilates

Sediaan yang harus dibawa untuk pilates pertama kali adalah matras atau matras khusus. Matras senam pilates dengan yoga umumnya berbeda. Secara umum, kasur pilates tidak terlalu tebal dan lebih empuk dibandingkan kasur yoga.

Ada baiknya tanyakan dulu ke instruktur pilates, merek kasur atau jenis apa yang direkomendasikan untuk pertama kali latihan.

2. Handuk

Anda juga bisa membawa satu set handuk untuk mempersiapkan pilates pertama Anda. Pasalnya, meski olahraga ini tidak seaktif zumba, pilates juga bisa menimbulkan banyak keringat.

Pilates, yang melatih otot dan bagian tubuh lainnya, bisa berkreasi kalori terbakar dan tanpa disadari keringat akan mengalir keluar. Jadi tidak ada salahnya bawa handuk untuk menyeka keringat di sela sesi latihan.

3. Air minum

Bawalah botol berisi air minum Ini juga dapat dilakukan sebagai persiapan Pilates pertama kali. Biasanya di sanggar Pilates disiapkan air minum dan gelas sebagai perlengkapannya. Namun, tidak ada salahnya membawa botol air minum sendiri yang aman untuk menghindari tumpahan jika diletakkan di dekat Anda berolahraga.

4. Pakaian olahraga

Pilates pada dasarnya tidak membutuhkan pakaian khusus seperti olahraga renang. Namun biasanya Anda akan disarankan untuk menggunakannya pakaian olahraga terbuat dari meregang agar nyaman dipakai dalam berbagai gerakan manuver.

Persiapan pakaian pilates yang bisa Anda pakai adalah legging dan kaos olahraga meregang atau bahan elastis. Tidak disarankan untuk memakai pakaian kaos yang longgar. Ini karena beberapa gerakan pilates dapat mengekspos kemeja Anda dan memperlihatkan tubuh bagian atas Anda.

Pakaian longgar juga dapat membuat instruktur pilates tidak mengetahui postur atau lekuk tubuh yang salah saat berolahraga.

Pertimbangkan juga untuk memakai kaos kaki sebagai persiapan pilates untuk dibawa. Pasalnya, telapak kaki bisa berkeringat dan ini berisiko membuat Anda terjatuh. Anda juga bisa memilih kaus kaki dengan alas atau sol karet.

Jangan lupa untuk melepas semua perhiasan seperti kalung, anting, atau gelang saat pilates untuk menghindari sobekan dan cedera.

Sikap yang harus diperhatikan selama pilates

1. Tiba tepat waktu

Untuk pilates pemula, persiapan sikap yang harus dimiliki adalah datang tepat waktu. Datang tepat waktu itu juga bisa menjadi tanda penghormatan kepada instruktur dan siswa lainnya.

Jika Anda datang terlambat, bisa mengacaukan konsentrasi dan mengganggu sesi pilates Anda. Selain itu, terlambat bisa membuat Anda melewatkan beberapa sesi awal yang penting selama Pilates.

2. Pemanasan

Jika Anda datang terlambat dan punya waktu sebelum kelas pilates pertama, Anda bisa melakukannya pemanasan sebagai persiapan sebelum berolahraga.

Pemanasan adalah cara terbaik untuk membantu meregangkan otot dan bagian tubuh lainnya agar tidak mudah cedera. Ikuti beberapa gerakan pemanasan dasar yang bisa Anda temukan online.

3. Jangan mengobrol

Belajar menahan diri dari mengobrol merupakan salah satu persiapan pilates yang harus dimiliki seorang pemula.

Obrolan bisa membuat Anda dan orang lain yang Anda ajak bicara kehilangan konsentrasi dalam berolahraga dan mengganggu peserta pilates lainnya.

4. Kembalikan peralatan pilates ke tempat asalnya

Usai pilates biasanya kembalikan barang-barang seperti kasur atau gelas yang biasa diminum ke tempat asalnya. Ini adalah persiapan diri dan sikap yang harus Anda tanamkan di pilates atau sanggar olahraga mana pun Anda berada.

Postingan Beberapa Hal Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Pilates Pemula muncul pertama kali di Hello Sehat.

Baca:  Yuk, coba 6 gerakan peregangan sebelum tidur biar lebih nyenyak