Kulit putih dan bersih adalah dambaan setiap orang, terutama kaum hawa. Tak heran jika banyak produk perawatan kulit yang mengklaim mengandung berbagai bahan untuk membuat kulit lebih putih. Salah satunya adalah lulur mandi dengan ekstrak bengkoang. Tapi, benarkah bengkuang bisa memutihkan kulit?

Bisakah kulit menjadi lebih putih?

Warna kulit setiap orang sebenarnya ditentukan berdasarkan jumlah pigmen melanin yang ada di kulit. Melanin adalah pigmen yang diproduksi oleh sel khusus yang disebut melanosit. Jumlah pigmen ini bisa berbeda-beda pada setiap orang. Orang yang memiliki warna kulit lebih gelap memiliki lebih banyak melanin.

Berapa banyak melanin yang Anda miliki dipengaruhi oleh faktor genetik, keturunan dari ayah dan ibu Anda. Selain itu, hormon dalam tubuh juga bisa memengaruhi warna kulit Anda. Hormon-hormon tersebut adalah estrogen dan progesteron. Kedua hormon ini dapat mempengaruhi produksi sel melanosit di kulit.

Faktor lain dari lingkungan juga mempengaruhi warna kulit Anda. Seperti paparan sinar matahari, paparan bahan kimia tertentu, kerusakan kulit, dan lainnya dapat memengaruhi produksi melanin sehingga memengaruhi warna kulit Anda.

Faktor eksternal inilah yang bisa Anda kendalikan sehingga bisa membuat kulit Anda lebih gelap atau lebih terang. Misalnya, kurangi paparan sinar matahari jika ingin kulit terlihat lebih cerah. Selain itu, bahan kimia tertentu yang terdapat pada produk perawatan kulit dapat dioleskan ke kulit untuk membuat kulit lebih cerah.

Benarkah bath scrub dari ekstrak bengkuang membuat kulit lebih putih?

Banyak produk perawatan kulit, seperti lulur mandi, mengandung ekstrak bengkuang yang dipercaya dapat membantu memutihkan kulit. Bengkoang sendiri memang mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit. Salah satunya adalah kandungan antioksidan yang tinggi pada ubi yang mampu melindungi sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Tak hanya itu, bengkuang juga mengandung vitamin C, vitamin B, dan bahan aktif lainnya, seperti flavonoid dan saponin yang dapat membantu mencerahkan kulit. Bahan tersebut dapat berperan sebagai tabir surya alami yang melindungi kulit dari bahaya sinar matahari.

Hal tersebut juga telah dibuktikan dalam penelitian yang berjudul Eksplorasi Senyawa Pemutih dan Penyaringan Sinar Matahari pada Akar Bengkoang (Pachyrhizus erosus). Penelitian yang dilakukan oleh Endang Lukitaningsih membuktikan bahwa kandungan isoflavonoid pada bengkuang dapat berfungsi sebagai antioksidan dan antithyrosin yang dapat melindungi kulit dari sinar matahari dan membantu mencerahkan kulit.

Antitirosin pada bengkuang bekerja dengan cara menghambat aktivitas enzim tirosinase, yaitu enzim yang dibutuhkan dalam produksi melanin. Hal tersebut menyebabkan proses pembentukan melanin terhambat, sehingga produksi melanin di kulit dapat ditekan. Hasilnya, warna kulit Anda tidak menjadi gelap. Dengan kata lain, zat aktif dalam bengkuang dapat membantu mencerahkan kulit Anda.

Postingan Benarkah Lulur Ekstrak Bengkoang Dapat Memutihkan Kulit? muncul pertama kali di Hello Sehat.

Baca:  5 Cara Alami Membuat Bibir Lembut dan Tampak Merah dan Merona