Anda harus tahu bahwa merokok bisa menyebabkan impotensi. Biasanya peringatan ini tertera di bungkus rokok. Nah, penyebab impotensi bukan hanya dari rokok. Menurut penelitian, makanan atau minuman manis yang dikonsumsi terlalu banyak juga bisa menyebabkan impotensi. Bagaimana ya? Agar lebih jelas, simak ulasan berikut ini.

Apa itu impotensi?

penyebab impotensi di usia muda

Impotensi atau disfungsi ereksi adalah kegagalan penis mencapai ereksi normal saat berhubungan seks. Ereksi sendiri ditandai dengan penis yang mengencang saat rangsangan seksual seperti berciuman, berpelukan, menyentuh, dan saat berfantasi atau melihat sesuatu yang bisa menambah nafsu.

Saat pria merasa terangsang, otot-otot di penis mengendur sehingga aliran darah melalui arteri penis meningkat. Darah mengisi apa yang disebut ruang penis corpova cavernosa Sehingga penis akan meluruskan, mengencangkan, dan menjadi lebih besar. Ereksi akan berakhir saat otot berkontraksi dan darah yang telah terkumpul dapat mengalir keluar melalui pembuluh darah penis.

Pria impoten biasanya mengalami kesulitan mencapai ereksi atau mempertahankan ereksi saat bersenggama atau bermasturbasi. Selain faktor usia, ada banyak hal yang menjadi penyebab impotensi, baik emosional maupun fisik, seperti:

  • Hipertensi (tekanan darah tinggi)
  • Hiperlipidemia (kadar kolesterol dan trigliserida tinggi)
  • Cedera
  • Kegemukan
  • Depresi
  • Kebiasaan merokok
  • Penggunaan obat-obatan dan alkohol tertentu
  • Penyakit jantung
  • Diabetes tipe 2

Bisakah makanan dan minuman manis menyebabkan impotensi?

makanan manis menyebabkan gigi berlubang

Dilaporkan oleh Cleveland Clinic, ahli urologi asal Amerika Serikat, dr. Edmund Sabanegh mengatakan gaya hidup yang tidak sehat terutama pola makan yang buruk dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, termasuk impotensi pada pria.

Mengonsumsi makanan atau minuman manis secara berlebihan tanpa olahraga dapat menyebabkan obesitas dan meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Kedua kondisi ini terkait dengan impotensi pada pria, meski tidak secara langsung. Pada beberapa pria, impotensi merupakan gejala diabetes tipe 2. Mengapa demikian?

Baca:  5 Fakta Unik Viagra, Bukan Sekadar Obat Kuat Pria

Seperti yang dijelaskan dr. Mark Hyman, gula bisa mempengaruhi gairah seks dan fungsi seksual seseorang. Nah, kebanyakan gula dapat menurunkan kadar testosteron dalam tubuh sehingga massa otot menurun dan lemak di perut pun menumpuk. Selain itu, testosteron yang berkurang menjadi tidak seimbang sehingga kadar estrogen lebih tinggi. Kondisi ini berpotensi menyebabkan gairah seksual menurun dan kesulitan ereksi.

Saat ereksi, akan terjadi pelepasan oksida nitrat (NO) di penis. Namun, pada pasien diabetes, kadar gula darah pada pasien menghambat produksi enzim dan pelepasan NO. Kondisi ini menyebabkan penis tidak mampu melakukan ereksi lebih lama dan lebih kuat.

Bagaimana cara mencegah impotensi?

pijat prostat mengobati disfungsi ereksi

Sebetulnya tidak apa-apa kalau suka makanan manis asal tahu batasannya. Begitu juga dengan makanan berlemak. Kelebihan lemak dan gula dalam tubuh bisa membuat berat badan bertambah, apalagi jika Anda malas berolahraga. Jika Anda terbiasa dengan gaya hidup seperti ini, risiko obesitas, penyakit jantung, atau diabetes menjadi lebih besar dan potensi impotensi Anda juga lebih besar.

Postingan Benarkah makanan dan minuman manis bisa bikin pria impoten? muncul pertama kali di Hello Sehat.