Meski hanya pilek dan batuk pilek biasa, pada dasarnya berhubungan seks saat sakit tidak disarankan oleh dokter. Pasalnya, masih besar kemungkinan penyakit atau kuman dapat menular. Tapi, benarkah flu bisa menular lewat sperma atau cairan vagina? Jika ya, seberapa cepat penyakit itu menyebar? Nah untuk mengetahuinya lebih lanjut yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Hati-hati, ternyata flu bisa menular lewat hubungan seks

Penularan virus flu saat berhubungan seks umumnya terjadi saat Anda atau pasangan yang sakit tiba-tiba batuk atau bersin tanpa menutupi mulut, menyebabkan virus terbang melalui udara terbuka yang Anda hirup berdua. Kebiasaan batuk atau bersin dengan menutupi tangan tidak serta merta mencegah penularan flu saat berhubungan seks.

Ann C. Palmenberg, Ph.D., seorang profesor biokimia di University of Wisconsin di Amerika Serikat, mengatakan meski flu tidak bisa menular melalui cairan vagina atau air mani seperti penyakit menular seksual pada umumnya, virus flu tetap bisa menular. dari orang ke orang. yang lain melalui ciuman atau sentuhan pasangan.

Pasalnya, meski sudah mencuci tangan menggunakan pembersih antibakteri, tetap tidak bisa mencegah penyebaran virus. Sebuah studi dari Clinical Infectious Disease menyebutkan, jika pembersih alkohol atau hand sanitizer belum tentu melindungi seseorang dari rhinovirus, virus yang menyebabkan flu. Begitu juga jika Anda mengalami muntah.

Sedangkan jika penyakit yang Anda alami adalah demam, umumnya gejalanya membuat Anda merasa pegal dan lelah. Sehingga kemungkinan besar Anda akan sulit merasa bergairah saat suhu tubuh sedang tinggi. Artinya, berhubungan seks saat demam membuat tubuh semakin lelah, sehingga demam semakin parah.

Seberapa cepat waktu penularan penyakit?

Lamanya berapa lama Anda dapat menyebarkan atau menularkan penyakit Anda ke orang lain akan tergantung pada penyakit yang Anda derita. Penyakit yang paling umum, biasanya bisa menular dalam beberapa hari pertama setelah Anda mengalami gejala seperti suhu tubuh yang tinggi.

Namun, beberapa penyakit dapat menyebar selama atau bahkan sebelum Anda tahu bahwa Anda akan sakit. Misalnya influenza, dapat menular sepenuhnya 24 jam sebelum gejala flu itu sendiri mulai. Jadi Anda bisa membuat pasangan Anda sakit bahkan sebelum Anda tahu bahwa Anda sedang flu.

Sebaiknya jangan berhubungan seks saat sedang sakit

Berhubungan seks saat sedang sakit akan membuat mood bercinta Anda turun karena tubuh Anda lemah dan tidak fit untuk aktivitas fisik. Ada baiknya membahas masalah ini sambil meminta pasangan Anda untuk menunda hingga suhu atau kondisi tubuh Anda normal dan sehat kembali.

Baca:  Apa dampak berenang di malam hari bagi tubuh?

Terlepas dari penurunan gairah seks, Anda tetap harus menghindari berhubungan seks saat sakit sampai gejala flu hilang setidaknya selama 24 jam. Pasalnya, sebagian besar virus yang menyebabkan gejala tersebut sangat menular dan kemungkinan besar dapat ditularkan saat Anda melakukan kontak fisik intim dengan pasangan yang sedang sakit.

Hindari juga berhubungan seks saat Anda atau pasangan mengalami gejala seperti muntah atau diare. Muntah akibat virus dapat ditularkan melalui hubungan seks jika Anda dan pasangan melakukan seks anal atau kombinasi seks anal dan oral, seperti rimming (merangsang saluran anal dengan lidah atau bibir).

Postingan Bisakah Anda Berhubungan Seks Saat Terserang Flu? muncul pertama kali di Hello Sehat.