Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan cacar air, salah satunya dengan pengobatan tradisional yang terbuat dari bahan alami. Cacar air biasanya akan menimbulkan sejumlah gangguan kesehatan hingga akhirnya infeksi virus tersebut melemah dengan sendirinya. Nah, cara mengobati cacar air melalui pengobatan tradisional ini bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan meredakan gejala agar infeksinya lebih cepat sembuh.

Ramuan alami untuk pengobatan tradisional cacar air

Penyebab utama cacar air adalah infeksi virus varicella-zoster (VZV) yang tergolong dalam kelompok virus herpes. Penularan virusnya sendiri bisa terjadi dari menyentuh kulit yang terkena atau kontak dekat dengan penderitanya.

Pada masa awal infeksi VZV, cacar air dapat menyebabkan seseorang mengalami demam, pusing, dan nyeri pada persendian dan otot. Beberapa hari kemudian, muncul ruam kulit berupa bintik kemerahan. Ruam akan menjadi kenyal dan menyebabkan sensasi gatal yang kuat.

Beberapa ramuan alami dapat digunakan sebagai pengobatan alami untuk meredakan gejala cacar air. Namun, cara mengobati cacar air secara alami tidak serta merta melemahkan infeksi virus seperti obat antivirus seperti asiklovir.

Berbagai cara mengobati cacar air dengan obat tradisional dipercaya dapat mengurangi intensitas rasa gatal dan sekaligus membuat elastis cacar cepat kering.

1. Havermut

manfaat mandi air panas

Salah satu cara pengobatan yang kerap dianggap efektif dalam mengobati cacar air adalah dengan melarang penderitanya mandi. Ketahanan cacar sangat perlu dibiarkan mengering agar lebih cepat mengeras dan bisa mengelupas dengan sendirinya. Namun, bukan berarti Anda sama sekali tidak menjaga kebersihan kulit.

Secara medis, tidak ada larangan mandi bagi penderita cacar air. Mandi bahkan disarankan karena dapat mengangkat kotoran di permukaan kulit yang justru dapat memperparah rasa gatal atau memicu infeksi sekunder dari bakteri kulit.

Namun, Anda memang perlu mengikuti aturan mandi yang benar agar tidak memperburuk ruam cacar air. Misalnya, gunakan air dingin dan ganti ke sabun non alkohol atau sabun wangi.

Bahan alami seperti havermut bisa juga sebagai obat tradisional cacar air dipakai saat mandi. Havermut memiliki bahan anti-inflamasi yang disebut beta glucon yang dapat membantu meredakan gatal-gatal yang seringkali tak tertahankan akibat cacar air.

Bagaimana cara mandi dengan havermut

Untuk mencoba mandi dengan havermut, Anda bisa menggunakan produk mandi berbahan dasar havermut yang biasanya dijual bebas di supermarket atau apotik agar lebih praktis.

Namun, Anda juga bisa memanfaatkan bahan-bahannya havermut langsung sebagai obat tradisional cacar air dengan cara sebagai berikut:

  • Hancurkan 1 cangkir, atau 1/3 cangkir havermut gunakan blender hingga menjadi bubuk. Pastikan butiran bubuk cukup halus untuk larut di dalam air.
  • Setelah bedak cukup halus, masukkan ke dalam bak berisi air hangat dan aduk hingga merata.
  • Rendam dalam campuran air dan bubuk oatmeal selama 15-20 menit.
  • Saat mandi, bersihkan larutan havermut dengan lembut ke permukaan kulit yang terkena.

Selain biji havermut, Anda juga bisa menggunakan havermut koloid (yang telah terlarut) untuk dicampurkan ke dalam air yang digunakan untuk mandi. Bagaimana cara mandi havermut Ini sangat dianjurkan untuk mengobati cacar air pada anak-anak.

2. Soda kue

Soda kue memiliki efek menenangkan pada kulit, yang dapat membantu mengurangi rasa gatal akibat cacar air. Bahan dapur ini terdiri dari ion natrium dan biokarbonat yang dapat larut dengan cepat di dalam air.

Cara penggunaan baking soda sebagai obat cacar air tradisional dapat dilakukan dengan mencampurkannya pada air hangat yang digunakan untuk mandi.

Anda bisa mandi soda kue 2-3 kali sehari. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan baking soda sebagai obat oles atau salep alami cacar air.

Campurkan soda kue dengan air secukupnya hingga larutan mengental seperti pasta. Oleskan pasta soda kue dengan bola kapas pada bisul cacar air. Cara mengobati cacar air ini bisa membantu mempercepat keringnya cacar.

3. Kamomil

teh kamomil ditemukan untuk membantu menenangkan area cacar yang gatal. Bahan alami kamomil memiliki efek antiseptik dan anti inflamasi bila dioleskan langsung ke kulit.

Untuk mendapatkan khasiat teh kamomil Sebagai obat cacar air alami, pertama-tama Anda perlu menyeduh dua hingga tiga kantong teh.

Baca:  Perkembangan Uji Klinis Vaksin Sinovac di Indonesia

Setelah itu, celupkan kapas atau kain lembut ke dalam teh dan letakkan di permukaan kulit yang terkena. Tepuk lembut agar air teh terserap sempurna ke dalam kulit. Seperti halnya soda kue, cara mengobati cacar air bisa membuat bisulnya cepat kering.

Selain cara di atas, teh kamomil juga bisa dikonsumsi langsung untuk mengatasi gejala seperti sakit tenggorokan dan mulut kering akibat cacar air.

Ketahanan cacar air terkadang bisa muncul di mulut atau di tenggorokan, sehingga penderita sulit menelan.

4. Madu Manuka

Madu manuka adalah madu yang berasal dari Selandia Baru. Kandungan madu ini disinyalir 4 kali lebih berkhasiat dibanding madu biasa.

Sebuah studi dari jurnal Translational Biomedicine pada tahun 2012 menemukan potensi manfaat madu manuka untuk cacar air. Studi tersebut melaporkan bahwa madu manuka diperkuat dengan sifat anti inflamasi, antibakteri, antijamur, dan antineoplastik (menghambat pertumbuhan sel kanker).

Sebagai obat tradisional cacar air, peneliti menggunakan konsentrat madu manuka yang disuntikkan ke dalam sampel jaringan kulit manusia yang terinfeksi virus varicella zoster (VZV). Hasilnya, madu bisa secara drastis mengurangi ukuran plak virus VZV di sel kulit.

Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikan efektivitasnya. Meski begitu, tidak ada salahnya sesekali mengoleskan madu pada bisul cacar yang gatal.

Sebelum mencoba cara mengobati cacar air ini, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar terhindar dari efek samping yang tidak diinginkan.

5. Kompres air dingin

Saat ketahanan cacar air terasa begitu gatal, kompres dingin bisa membantu meredakan rasa gatal tersebut. Pada kulit yang gatal atau perih, letakkan handuk dingin atau sekumpulan es batu selama beberapa waktu hingga rasa gatal mereda.

Rasa gatal bisa muncul kembali, lakukan cara mengobati cacar air ini secara alami setiap kali gatal muncul. Pastikan untuk tidak menggaruk perih akibat cacar yang gatal.

6. Losion kalamin

Losion kalamin mungkin bukan milik obat tradisional, tapi bisa mengobati cacar air secara alami dari luar.

Oleskan lotion kalamin Secara teratur bisa menjadi cara untuk mengobati gatal-gatal akibat cacar air. Lotion ini mengandung zinc dioxide atau zinc carbonate yang dapat mengurangi rasa gatal dan meredakan peradangan pada kulit.

Berhati-hatilah saat mengaplikasikan lotion ini agar tidak menekan terlalu keras pada kulit karena takut akan putus elastisnya.

Selain itu, salep ini sebaiknya tidak dioleskan pada mata karena bisa membakar kulit di sekitarnya. Begitu juga pada bagian dalam mulut untuk mencegah bahan obat tertelan dan menyebabkan gangguan pencernaan.

Jangan menggaruk elastis cacar air

Menggaruk herpes gatal

Beberapa pantangan cacar air juga perlu dipatuhi agar gejalanya tidak semakin parah. Salah satu caranya adalah dengan menghindari tidak menggosok atau menggaruk karet cacar.

Apapun pengobatan alami cacar air yang Anda lakukan, ulet tidak akan cepat kering jika Anda masih sering menggaruk gatal.

Bahan elastis yang tergores dapat menyebabkan luka terbuka yang berujung pada infeksi bakteri pada kulit. Alhasil, cacar tidak kunjung sembuh, meski sudah sembuh efek garukan yang elastis bisa mengakibatkan bekas luka cacar air yang sulit dihilangkan.

Oleh karena itu, pastikan untuk selalu menjaga kuku Anda tetap pendek dengan memangkasnya secara teratur. Saat mencoba mengobati cacar dengan pengobatan tradisional, lakukan hal berikut:

  • Jangan menggaruk kulit yang terkena, tepuk lembut permukaan kulit.
  • Gunakan sarung tangan saat tidur agar elastis tidak tergores tanpa disadari.
  • Gunting kuku untuk jari. Kuku panjang bisa mengiritasi kulit yang terkena.
  • Mengenakan pakaian longgar dan lembut yang tidak memicu rasa gatal atau iritasi kulit.

Menyembuhkan cacar air memang bisa didukung dengan pengobatan alami. Namun, jika cara mengobati cacar air ini tidak langsung menunjukkan hasil yang efektif atau jika gejala seperti demam dan ruam semakin parah, Anda perlu segera berkonsultasi ke dokter.

Dalam beberapa kasus, apalagi bila kekebalan sudah menurun drastis, Anda bisa memerlukan obat cacar air yang diresepkan dokter atau bahkan perawatan intensif di rumah sakit.

Postingan Cara Mengobati Cacar Air dengan Pengobatan Tradisional muncul pertama kali di Hello Sehat.