Banyak dari tren diet populer yang mengharuskan para aktivis untuk membuat diri mereka kelaparan dengan sangat membatasi atau bahkan mengurangi beberapa nutrisi penting. Padahal, cara ini belum tentu menyehatkan bagi tubuh. Membatasi asupan makanan bisa membuat Anda cepat lelah dan lesu. Nutrisi penting, seperti karbohidrat, lemak, dan protein tetap dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan energi. Jika tetap ingin menjalani pola makan yang asyik tanpa kehabisan energi, berbagai pilihan makanan sumber energi berikut ini tetap aman dikonsumsi tanpa takut gemuk.

Daftar makanan sumber energi tinggi yang tidak membuat Anda gemuk

Berikut ini adalah jenis makanan sumber energi yang bisa menjadi alternatif Anda untuk tetap semangat beraktivitas sepanjang waktu namun tidak membuat Anda gemuk.

1. Gandum dan beras merah

Tubuh membutuhkan energi untuk berfungsi. Salah satu makanan sumber energi tinggi adalah segala sesuatu yang berbau karbohidrat. Tapi jangan makan karbohidrat sembarangan. Pilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, misalnya nasi merah, oatmeal dan roti gandum.

Karbohidrat kompleks mengandung serat, sehingga tubuh semakin sulit mencernanya. Energi yang dihasilkan akan bertahan lama tanpa Anda harus cepat merasa lapar. Berbeda dengan karbohidrat sederhana yang cepat membuat Anda lemas.

2. Buah-buahan

Buah bisa menjadi sumber makanan berenergi tinggi berkat kandungan vitamin dan mineralnya. Buah-buahan seperti alpukat mengandung lemak baik yang dapat menjadi sumber energi.

Buah juga rendah kalori, jadi tidak perlu takut obesitas karena banyak makan buah-buahan. Pilih buah segar untuk hasil terbaik.

3. Sayuran

Seperti halnya buah, sayur juga kaya akan mineral, serat dan vitamin yang merupakan sumber makanan yang baik dan berenergi tinggi. Menambahkan lebih banyak variasi sayuran ke dalam makanan Anda juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan karena sayuran tidak mengandung lemak.

Serat dipecah lebih lama di dalam tubuh, sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, serat juga berfungsi untuk membersihkan saluran pencernaan sehingga meminimalkan risiko Anda terserang penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi, diabetes, kanker, stroke, dan penyakit jantung.

Pilih sayuran segar atau sayuran kukus tanpa tambahan saus. Kalau kurang enak bisa dimakan bersama sumber protein seperti ikan atau daging tanpa lemak.

4. Telur dan daging tanpa lemak

Daging tanpa lemak bisa menjadi pilihan terbaik sebagai sumber makanan berenergi tinggi, seperti dada ayam tanpa kulit, kalkun, ikan, atau potongan daging sapi tenderloin. Meski namanya kurus, jangan salah sangka – daging ini masih mengandung lemak dalam jumlah yang aman. Ingat, lIbu tetap dibutuhkan tubuh untuk menjalankan fungsinya dan menjaga sel serta organ dalam kondisi baik.

Selain itu, telur juga bisa menjadi pilihan. Meski begitu, tetap perhatikan porsinya agar tidak berlebihan. Proses terbaik untuk memasak daging dan telur tanpa lemak adalah dengan merebusnya. Untuk variasi, Anda juga bisa memanggangnya tapi tanpa tambahan saus atau sumber lemak lain seperti minyak dan mentega.

Baca:  Jangan dianggap remeh, 3 gejala demam ini butuh penanganan yang serius

5. Ikan

Contoh ikan yang baik untuk dijadikan sumber makanan berenergi tinggi adalah salmon. Ikan jenis ini kaya akan omega 3 yang dapat mencegah penyakit jantung dan menjaga kesehatan otak. Omega 3 juga berfungsi sebagai lemak esensial. Jenis lemak ini tidak bisa diproduksi di dalam tubuh manusia, sehingga perlu didapatkan dari makanan yang Anda makan.

6. Yogurt

Yogurt merupakan sumber protein yang tinggi. Protein penting untuk pembentukan otot dan akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, yogurt juga memiliki probiotik yang akan meningkatkan kesehatan usus dan otak, sehingga meningkatkan mood Anda. Tentunya dengan mood yang meningkat, kamu akan semakin semangat menjalankan aktivitas yang super padat.

7. Kacang

Kacang juga merupakan sumber protein yang baik. Contohnya adalah kedelai yang dibuat menjadi tempe. Selain itu, kacang-kacangan juga memiliki magnesium yang berfungsi untuk produksi energi dan membantu tubuh menjalankan fungsi seperti mengontrol kadar gula darah dan fungsi otot. Orang yang berada dalam kondisi yang membutuhkan magnesium akan membutuhkan lebih banyak oksigen. Faktanya, detak jantung mereka bisa meningkat hingga 10 detak dalam satu menit. Artinya tubuh harus bekerja ekstra keras untuk melakukan aktivitas.

Postingan Daftar Makanan Sumber Energi yang Tidak Akan Membuat Anda Gemuk muncul pertama kali di Hello Sehat.