Beberapa wanita hamil mungkin diminta untuk melakukannya istirahat di tempat tidur selama kehamilannya. Ya kadang kadang istirahat di tempat tidur saat hamil diperlukan dalam kondisi tertentu. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kesehatan ibu selama masa kehamilan dan janin. Ingin tahu lebih banyak tentang istirahat di tempat tidur saat hamil? Simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu istirahat di tempat tidur saat hamil?

Beberapa wanita hamil dalam kondisi tertentu mungkin perlu melakukannya istirahat di tempat tidur. Kapan istirahat di tempat tidur, para ibu dituntut untuk lebih banyak istirahat dan menurunkan tingkat aktivitas mereka dari waktu ke waktu. Istirahat di tempat tidur bukan berarti harus menghabiskan waktu seharian di tempat tidur. Anda tetap bisa melakukan aktivitas di dalam rumah, tapi bukan aktivitas berat.

Namun, dalam kasus tertentu, istirahat di tempat tidur juga berarti bahwa Anda hanya dalam posisi duduk atau berbaring. Anda hanya diperbolehkan bangun saat ingin ke toilet atau kamar mandi. Ternyata, bagaimana bentuknya istirahat di tempat tidur untuk ibu hamil itu tergantung dari kondisi ibu hamil. Dokter pasti akan memberi tahu Anda apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan selama istirahat di tempat tidur. Jadi, Anda tidak perlu khawatir.

Apa tujuannya istirahat di tempat tidur saat hamil?

Istirahat di tempat tidur Saat hamil tentunya dilakukan untuk tujuan tertentu, yakni memperhatikan kondisi Anda dan janin di dalam kandungan. Sebagai:

  • Memberi kesempatan pada tubuh untuk bekerja normal / pulih
  • Mengurangi stres
  • Menurunkan tekanan darah (bagi yang menderita tekanan darah tinggi)
  • Mengurangi risiko kelahiran prematur
  • Meningkatkan aliran darah ibu ke plasenta
  • Membantu menambah berat badan janin dalam kandungan

Siapapun yang mungkin membutuhkan istirahat di tempat tidur saat hamil?

Beberapa kondisi yang mungkin dibutuhkan wanita hamil istirahat di tempat tidur adalah:

  • Preeklamsia, eklamsia, atau tekanan darah tinggi
  • Ada risiko kelahiran prematur
  • Perubahan pada leher rahim (serviks), terutama jika Anda hamil anak kembar atau memiliki riwayat inkompetensi serviks
  • Kehamilan ganda, karena lebih berisiko
  • Pertumbuhan dan perkembangan janin yang buruk
  • Diabetes gestasional
  • Pendarahan vagina
  • Komplikasi plasenta, seperti solusio plasenta, plasenta previa, dan plasenta akreta

Apa saja efek sampingnya istirahat di tempat tidur saat hamil?

Bistirahat saat hamil membantu memulihkan kondisi tertentu. Namun, istirahat di tempat tidur Kehamilan juga dapat membuat Anda tidak nyaman dan memiliki efek samping bagi Anda. Seharian duduk atau tidur dan tidak melakukan aktivitas apapun tentu saja bisa membuat badan Anda pegal.

Menghabiskan waktu yang lama di tempat tidur dapat membuat otot dan persendian terasa sakit dan nyeri. Selain itu, hal ini juga dapat meningkatkan risiko terjadinya penggumpalan darah terutama di bagian kaki. Tidak banyak melakukan aktivitas juga meningkatkan risiko penurunan massa tulang.

Tidak hanya itu, Anda juga mungkin merasa jenuh secara emosional. Hal ini membuat Anda berisiko mengalami kecemasan, depresi, rasa bersalah, dan perasaan perubahan emosi secara cepat meningkat. Emosi negatif ini tentunya dapat menghambat kesembuhan Anda.

Apa yang harus dilakukan saat istirahat di tempat tidur selama masa kehamilan?

Untuk menghindari efek negatif dari istirahat di tempat tidur, Anda harus bertanya kepada dokter Anda, apa yang masih dapat Anda lakukan saat itu istirahat di tempat tidur. Jadi, ada sesuatu yang dapat Anda lakukan dan Anda tidak menghabiskan sepanjang hari di tempat tidur.

Berikut ini adalah tips agar Anda tetap sehat pada saat itu istirahat di tempat tidur:

  • Lakukan apa yang bisa Anda lakukan. Misalnya seperti jalan-jalan keliling kamar, membaca buku, menonton TV, bermain internet, dan lain sebagainya.
  • Lakukan olahraga ringan apa pun yang Anda bisa. Anda mungkin masih bisa melakukan olahraga ringan di tempat tidur agar peredaran darah Anda tetap terjaga. Misalnya seperti menggerakkan tangan dan kaki dalam lingkaran atau meremas bola.
  • Pertahankan asupan makanan Anda. Pastikan Anda mengonsumsi makanan sehat. Kalau tidak bisa makan banyak sekaligus bisa makan dengan porsi kecil tapi lebih sering.
  • Banyak minum. Agar tubuh Anda terhidrasi dengan baik. Minum banyak air juga dapat membantu Anda terhindar dari sembelit, mengingat Anda hanya melakukan sedikit aktivitas.
  • Tidur atau duduklah dalam posisi yang nyaman. Berbaring miring ke kiri dapat membantu meningkatkan aliran darah ke janin. Anda mungkin perlu mengubah posisi tidur setiap jam untuk mencegah kekakuan, mengurangi nyeri, dan mencegah iritasi kulit. Menempatkan bantal di bawah kepala, di bawah perut, dan di antara lutut bisa membuat Anda lebih nyaman. Setelah selesai makan, usahakan untuk tidak langsung tidur. Lebih baik duduk sebentar dulu untuk mencegah maag.

Posting Istirahat Saat Hamil: Untuk Apa, dan Siapa yang Membutuhkannya? muncul pertama kali di Hello Sehat.

Baca:  7 Latihan untuk Membantu Meningkatkan Tinggi