Lari merupakan salah satu jenis olahraga yang cukup mudah dilakukan tanpa perlu mengeluarkan uang sepeserpun. Namun, banyak orang yang kesulitan menjadikan ini sebagai rutinitas. Tak perlu khawatir, ada beberapa tips yang bisa Anda coba agar Anda bisa berlari secara teratur.

Lihat ulasan di bawah ini untuk mendapatkan hasil maksimal dari rutinitas lari Anda.

Tips lari teratur

teknik pernapasan saat berlari

Olahraga lari menawarkan segudang khasiat untuk kesehatan. Menurut penelitian dari Jurnal Kesehatan RemajaLari rutin selama 30 menit di pagi hari meningkatkan kualitas tidur dan fungsi psikologis.

Selain itu, lari juga berpengaruh pada kesehatan tubuh, seperti menurunkan risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Agar mendapatkan manfaat tersebut, simak beberapa tips olahraga lari rutin berikut ini.

1. Siapkan alat yang dibutuhkan

Salah satu tips yang bisa Anda coba agar rutin berlari adalah persiapkan peralatan yang dibutuhkan.

Saat berolahraga khususnya lari, mengenakan pakaian dan sepatu yang tepat menjadi kunci penting agar lari Anda tetap nyaman dan berkualitas. Meski hanya membutuhkan sepatu dan baju yang tepat untuk berlari, pilihan yang salah justru bisa berdampak pada kesehatan Anda.

Pilih sepatu yang didesain khusus untuk lari dan jangan lupa pakai kaos kaki. Selain itu, coba kenakan pakaian yang menyerap keringat, seperti kaos dan celana olahraga.

Kalau lebih nyaman lari di malam hari, mungkin jaket berwarna terang atau reflektif lebih aman digunakan saat itu.

2. Buatlah rencana mingguan

Setelah berhasil memilih pakaian dan sepatu khusus untuk lari, tips lain untuk rutin lari Anda adalah mulai membuat rencana mingguan.

Jika Anda baru memulai alias pemula, sebaiknya tidak lari setiap hari karena dikhawatirkan bisa menimbulkan cedera atau terlalu lelah. Daripada setiap hari, Anda bisa memulainya dengan berlari pada hari-hari tertentu selama 20-30 menit.

Jika Anda sibuk dengan pekerjaan dan merasa sulit menemukan waktu untuk berolahraga, Anda sebaiknya berlari di pagi hari. Cara ini biasanya cukup efektif dilakukan sebelum rutinitas pekerjaan dan keluarga membuat Anda sibuk.

Bagi Anda yang terbiasa berlari, membuat jadwal latihan lari mingguan itu penting. Misalnya, satu hari dalam seminggu Anda bisa berlari dengan kecepatan tinggi. Hari-hari lain dapat dihabiskan untuk melatih kecepatan lari Anda.

Setelah itu, satu atau dua hari lagi bisa diisi dengan jogging agar tidak terlalu lelah. Anda bahkan dapat memasukkan rencana latihan berlari menanjak untuk membangun kekuatan di kaki Anda.

Dengan plan yang variatif seperti ini, kemungkinan besar rasa bosan tidak akan menghalangi Anda untuk berlari secara teratur.

3. Regangkan

peregangan otot

Selain memilih pakaian dan menjadwalkan waktu lari, tip lain untuk Anda berlari secara teratur adalah peregangan.

Berlari tanpa peregangan lebih berisiko cedera. Memang, peregangan tidak harus dilakukan sebelum berlari, tapi setidaknya biarkan tubuh Anda memanas sebelum berlari berpuasa.

Misalnya, Anda bisa jogging perlahan selama beberapa menit pertama untuk memanaskan otot. Setelah itu, Anda dapat berlari dan melakukan peregangan setelah selesai.

4. Berlari dengan teman

Anda bisa lari bersama teman sebagai salah satu tips olahraga lari secara rutin. Mengapa?

Menurut sebuah studi dari Jurnal Psikologi Kesehatan InggrisBerolahraga bersama teman memberikan dukungan emosional kepada Anda, agar Anda lebih semangat berlari.

Jika teman Anda adalah orang yang banyak berlari, mempelajari cara bertahan hidup dan kiat berlari lainnya bisa sangat membantu. Ditambah lagi, cara ini cukup efektif karena membuat lari lebih menyenangkan dan mendorong Anda untuk berolahraga lebih lama.

5. Pilih tempat yang aman

cara lari yang benar

Terakhir, tips menjalankan rutinitas yang bisa Anda ikuti adalah memilih tempat yang aman. Usahakan untuk tetap berada di area lari yang cukup terang dan ramai dengan orang. Misalnya, Anda bisa menemukan taman atau tempat orang sering berlatih lari.

Pastikan pakaian Anda berwarna terang, baik di pagi maupun malam hari. Hal ini agar ketika sesuatu yang buruk terjadi pada anda, seperti pingsan atau jatuh, lebih mudah untuk menemukannya.

Setelah mencoba beberapa tips agar rutinitas lari Anda di atas dan tetap terasa sulit, Anda mungkin membutuhkan bantuan dari pelatih yang bisa memandu Anda untuk lebih aktif.

Postingan Jadikan Olahraga Lari Sebagai Rutinitas dengan 5 Tips Ini muncul pertama kali di Hello Sehat.

Baca:  Nyeri Pinggul Mengganggu Aktivitas? Akhiri dengan 4 Peregangan Ini