Sementara seks seharusnya menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk menghilangkan stres, beberapa orang malah lebih stres karena merasakan sakit di punggung. Apa penyebab sakit punggung saat berhubungan seks dan bagaimana cara mengatasinya?

Banyak hal yang bisa menyebabkan sakit punggung saat berhubungan seks

Terlepas dari letak sakitnya, keluhan nyeri saat berhubungan seks cukup umum terjadi pada kebanyakan orang. Penyebabnya pun bermacam-macam, mulai dari masalah psikologis seperti stres atau cemas atau rasa takut berhubungan seks, hingga keputihan yang mengering karena kurang pelumas atau lewat pemanasan. pemanasan.

Namun, jika Anda secara khusus mengalami nyeri pinggang saat berhubungan seks dan tidak menunjukkan salah satu masalah di atas, keluhan tersebut bisa disebabkan oleh:

Penyakit yang dimiliki

Nyeri punggung bawah saat berhubungan seks bisa menjadi tanda penyakit kelamin, seperti kencing nanah, herpes genital, klamidia, trikomoniasis, atau infeksi jamur. Selain itu, infeksi saluran kemih dan sindrom iritasi usus besar (IBS) juga merupakan penyakit non seksual yang menyebabkan nyeri punggung saat berhubungan seks.

Khusus pada wanita, keluhan ini juga bisa menjadi tanda menopause, atau gangguan pada sistem reproduksi seperti kista ovarium, radang panggul (PRP), atau endometriosis.

Masalah kelamin

Pada wanita, sakit punggung saat berhubungan seks bisa disebabkan oleh vaginismus. Vaginismus terjadi ketika otot-otot di dinding vagina menegang, menyebabkan vagina menutup. Akibatnya, penetrasi menjadi menyakitkan.

Sedangkan pada pria, nyeri di punggung saat berhubungan seks bisa terjadi akibat paraphimosis. Paraphimosis adalah suatu kondisi dimana kulup tidak dapat ditarik ke belakang atau menyusut kembali saat ereksi, karena tersangkut di belakang kepala penis. Paraphimosis juga membuat penis menjadi sangat sensitif setelah orgasme dan ejakulasi, yang dapat membuat hubungan intim selanjutnya menjadi menyakitkan.

Baca:  Mengapa Penyakit Autoimun Semakin Muncul di Indonesia?

Apa yang harus dilakukan saat nyeri punggung bawah saat berhubungan seks?

Jika Anda mengalami sakit punggung saat berhubungan seks yang disertai dengan keluarnya cairan yang tidak normal, gatal, atau nyeri di sekitar alat kelamin, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Dokter biasanya akan merekomendasikan untuk melakukan beberapa tes, untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan hal-hal berikut ini.

  • Gunakan pelumas. Pelumas yang larut dalam air adalah pilihan yang baik jika Anda mengalami iritasi atau sensitivitas pada vagina. Jangan gunakan petroleum jelly, baby oil, atau essential oil dengan kondom, karena dapat melarutkan lateks dan menyebabkan kondom rusak.
  • Tenangkan diri Anda saat berhubungan seks.
  • Bicaralah dengan pasangan Anda. Beri tahu pasangan Anda di mana dan kapan Anda merasa sakit, dan hal-hal apa yang menurut Anda menyenangkan.
  • Cobalah aktivitas seksual yang tidak menimbulkan rasa sakit. Misalnya, jika hubungan seksual menyakitkan, Anda dan pasangan mungkin ingin fokus pada seks oral atau masturbasi bersama.
  • Lakukan aktivitas pereda nyeri sebelum berhubungan seks, seperti mengosongkan kandung kemih, mandi air hangat, atau mengonsumsi pereda nyeri yang dijual bebas sebelum melakukan hubungan seksual.
  • Coba ubah posisi seksual yang tidak menyebabkan nyeri punggung bawah. Salah satu caranya adalah mencoba posisi down dengan meletakkan bantal di bawah punggung. Karena bantal kecil di bagian belakang akan menopang pinggang.

Postingan Kenapa Tiba-Tiba Sakit Sakit Pinggang Saat Bercinta? (Ditambah cara memperbaikinya) muncul pertama kali di Hello Sehat.